Lembayung Populer

Senin, 12 November 2012

CARA LEBAH MEMBUAT MADU

 
 
Alasan terbesar mengapa lebah membuat madu ialah karena madu itu adalah bahan makanan dari lebah itu sendiri. Jadi, proses pembuatan madu itu tidak lain adalah mengumpulkan makanan untuk koloni lebah dalam satu sarang lebah. Langkah pertama yang dilakukan seekor lebah adalah mendatangi setangkai bunga dan menghisap nektar atau air madunya. Lalu, di dalam sebuah kantong madu, dibawalah nektar atau air madu itu pulang ke sarang lebah. Kantoong madu ini adalah bagian tubuh di depan perut lebah yang agak membesar dan berbentuk mirip sebuah kantong.
Tentu saja ada terdapat sekat tertentu yang membatasi jaringan isi perut lebah dengan kantong madunya. Proses awal pembuatan madu sudah dimulai sejak nektar bunga atau air madu itu berada di dalam kantong madu seekor lebah. Zat gula yang terdapat dalam nektar bunga mengalami suatu perubahan kimiawi. Langkah selanjutnya adalah proses pembuangan sebagian besar air yang terdapat dalam nektar atau air madu itu. Hal ini terjadi dengan cara penguapan, yang terjadi karena panas suhu di dalam sarang labah dan juga karena adanya ventilasi atau pertukaran udara yang terjadi di dalam sarang koloni lebah.

 
 
Madu yang berhasil dikumpulkan oleh lebah madu di dalam tempat penampungan madu di sarang labah itu sangat kental, sebab komposisi air di dalam madu itu telah banyak berkurang, sehingga madu asli dapat disimpan untuk waktu yang lama tanpa mengalami pembususkan. Madu itu ditampung didalamtempat penampungan madu dengan maksud untuk mematangkan madu itu dan juga diperuntukkan sebagai sumber makanan cadangan bagi koloni lebah dalam satu sarang lebah.


Air madu yang didapatkan oleh lebah itu bukan hanya dari nektar bunga namun terkadang air madu itu bisa juga didapatkan dari sejenis zat cairan yang manis yang dikeluarkan dari berbagai macam getah tanaman tertentu. Madu dapat kita ambil dari sarang lebah dengan berbagai macam cara. dapat diperas keluar dari sarang, atau dapat juga langsung kita potong dari tempat penampungan madu yang terpisah dari sarangnya. Tetapi sebagian besar madu yang dihasilkan oleh peternakan lebah diambil dengan semacam alat yang bernama pemeras madu. Alat ini berputar secara sentrifugal untuk mengalirkan madu itu keluar dari tempat penampungan madu.

Jenis madu itu berbeda-beda jenisnya. hal ini tergantung dari jenis bunga asal dari air madu itu dan dari keadaan lingkungan sekitar sarang lebah madu itu. Madu mengandung sejumlah zat nabati yang mengagumkan. Bahan utama yang terdapat dalam madu adalah dua macam zat gula yang dikenal dengan nama Levulosa dan Destrosa. Madu juga mengandung zat-zat yang lain yaitu: sejumlah kecil Sukrosa, Maltosa, Destrin, mineral, enzim dan vitamin dan sedikit protein dan asam. Madu juga berbeda dalam soal rasa dan warnanya tergantung dari sumber nektar yang diperoleh oleh lebah madu itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Label