Lembayung Populer

Rabu, 07 November 2012

MENGUSIR SEMUT DENGAN CARA ALAMI

Semut adalah hewan yang sangat menyukai makanan yang manis. Selama makanan tersebut diletakkan ditempat terbuka dan bisa dijangkau oleh semut, maka dengan mudah semut akan menemukan makanan tersebut. Beberapa jenis semut ada yang setelah menggigit kulit akan terasa gatal, ada juga yang kalau menggigit rasanya seperti kena sengat lebah. Bahkan pernah semut kecil masuk ke dalam telinga saya, untung tidak menggigit, tapi suara dan rasa geli di dalam telinga membuat tidak nyaman. Cara mengusir semut menggunakan obat pestisida atau bahan kimia lainnya bisa berbahaya, apalagi kalau yang di rumah masih ada anak kecil. Sebagai alternatif, kita bisa mengusir semut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya.

Kayu manis

Meski rasanya manis, namun kayu manis ini tidak disukai semut. Untuk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

Air jeruk nipis

Minum es jeruk di siang hari adalah sangat menyegarkan. Tapi ini tidak untuk semu. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.

Ampas kopi

Untuk yang hobi minum kopi, jangan buru-buru membuang ampas kopi. Ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir semut, caranya taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda.

Tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena bisa juga untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.

Daun sirih

Daun sirih bisa digunakan untuk mencuci mata, selain itu daun sirih ternyata juga bisa dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.

Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk bumbu masakan. Cengkeh biasa juga dicampurkan ke dalam tembakau rokok. Selain itu cengkeh ternyata juga bisa untuk mengusir semut. Caranya dengan menaburkan cengkeh di sekeliling benda yang ingin dijauhkan dari kerumunan semut dan tempat yang sering dilalui dan digunakan untuk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan menghindar dan pergi.

Peppermint
Minyak esensial dari peppermint juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Kalau susah untuk menemukan minyak esensial peppermint, sebagai akternatif Anda bisa menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

Kulit telur ayam

Karena tidak bisa dimakan, maka biasanya kulit telur ayam akan langsung dibuang. Namun mulai sekarang jangan buru-buru dibuang, apalagi kalau di rumah banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuklan kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya Taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang.

Air panas

Air panas biasa digunakan untuk menyeduh kopi, teh, susu atau lainnya. Air panas juga bisa menyebabkan kulit melepuh. Selain itu, air panas juga bisa untuk membunuh semut secara langsung. Tuangkan air panas di dekat sarang dan biarkan mengalir ke sekitarnya dan membunuh semut yang bersentuhan dengan air ini.

Cuka


Cuka biasa disediakan di meja makan, khususnya warung bakso, biar ada rasa sedikit asam di bakso yang dimakan, biar lebih sedap gitu… Tapi bagi semut, cuka adalah hal yang dibenci. Menuangkan cuka di atas sarang semut akan membuat semut pergi dari sarangnya dan tidak akan pernah kembali lagi.

Sabun cuci

Tidak hanya bisa untuk memudahkan membersihkan lemak di piring, sabun cuci piring juga bisa untuk mengusir semut. Campur air dengan sabun cuci piring dan masukkan kedalam botol semprot. Untuk mengusir semut, semprotkan air yang sudah dicampur dengan sabun tersebut pada kerumunan semut.

Baking soda

Untuk perlindungan, semut selalu menyertai dirinya dengan zat asam. Buatlah campuran dari baking soda dan gula halus kemudian letakkan pada tempat-tempat strategis. Rasa asam dari baking soda akan mengecoh semut, sehingga semut tidak lagi meneruskan pencarian gula di rumah Anda.

Boric acid

Boric acid bisa digunakan untuk mengsir bau badan. Selain itu ternyata juga bisa untuk mengusir semut. Caranya, campur gula halus dan boric acid (cari di toko bahan kimia). Taburkan campuran ini ke sekitar sarang semut, atau di tempat semut berkumpul. Semut akan mengusung makanan ini ke sarangnya dan akan meracuni sekelompok semut yang ada di sarangnya. Anda bisat juga menaburkan boric acid di sekitar tempat gula atau kecap. Tapi hati-hati, jauhkan dari jangkauan anak-anak.[mamas86]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Label